Upaya Preventif untuk Jaga Kondusifitas, Polsek Cempaka Gencarkan Cooling System Jelang Pilkada 2024 

Martapura - Memasuki tahapan krusial menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Polsek Cempaka Polres OKU Timur menggelar kegiatan Cooling System di wilayah hukumnya, bertempat di Kantor Camat Semendawai Barat, Rabu (16/10/2024). Langkah ini diambil sebagai bentuk antisipasi terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna memastikan wilayah tetap kondusif sepanjang proses demokrasi.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 10.30 WIB itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Cempaka, AKP Aston L. Sinaga, S.H., dengan didampingi oleh beberapa personel, yakni AIPTU Basor Alam (KA SPK R 1 Polsek Cempaka), BRIPKA Bang Yanto (Kanit Intel), dan BRIGADIR Panji Wiranata (Bhabinkamtibmas). Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Sekretaris Camat Semendawai Barat, M. Alfi, S.E., yang menerima langsung kunjungan tersebut bersama jajarannya, termasuk Kasi Pemerintahan, Antowi, S.E., Kasi Kesejahteraan Sosial, Harun Aly, serta 10 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) dari Kecamatan Semendawai Barat.

Dalam sambutannya, Kapolsek Aston menyampaikan bahwa Cooling System merupakan kegiatan penting untuk menenangkan suasana serta mengurangi ketegangan politik yang mungkin muncul di tengah masyarakat selama masa Pilkada. “Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, terutama menjelang momen penting seperti Pilkada. Kami berupaya memastikan semua pihak dapat menjalankan hak dan kewajibannya dengan aman dan damai,” ungkap AKP Aston.

Dia menekankan pentingnya netralitas, terutama bagi aparatur sipil negara (ASN), PNS, dan P3K, agar tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis yang dapat mencederai proses demokrasi. “Kami mendorong seluruh aparatur dan staf pemerintah untuk tetap netral dan tidak memihak dalam Pilkada kali ini. Ini adalah upaya kita bersama untuk menciptakan Pilkada yang bersih dan berkualitas,” tegasnya.

Selain pesan terkait netralitas, Kapolsek juga memberikan arahan agar masyarakat tidak bersikap apatis terhadap pemilu dan memanfaatkan hak pilih mereka dengan bijak. “Golput bukan solusi. Mari gunakan hak suara kita untuk memilih pemimpin yang terbaik bagi masa depan daerah ini,” tambahnya. Ia juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk menghormati pilihan orang lain serta menjaga hubungan baik antarwarga, meskipun terdapat perbedaan pandangan politik. “Keberagaman adalah kekuatan kita. Pilihan boleh berbeda, tapi kita tetap satu untuk sukseskan Pilkada 2024,” lanjut Kapolsek Aston.

Kegiatan Cooling System ini merupakan bagian dari serangkaian tindakan preventif dalam Operasi Mantap Praja Musi 2024, yang digelar Polres OKU Timur untuk memastikan situasi tetap aman dan terkendali selama masa kampanye, pemungutan suara, hingga pasca-pemilu. Polsek Cempaka telah merancang beberapa kegiatan serupa yang akan dilaksanakan secara berkala di berbagai lokasi strategis di wilayah hukumnya. Hal ini untuk mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas, termasuk penyebaran isu-isu yang dapat memicu konflik.

Tidak hanya berfokus pada sosialisasi, kegiatan Cooling System ini juga melibatkan langkah-langkah praktis, seperti patroli rutin, penjagaan di titik-titik rawan, serta koordinasi dengan berbagai elemen masyarakat dan pihak terkait. “Kami tidak bekerja sendiri, tapi melibatkan semua elemen, termasuk perangkat desa, tokoh masyarakat, dan organisasi masyarakat, untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan wilayah,” jelas AKP Aston.

Pada penutupan kegiatan, yang berlangsung hingga pukul 11.30 WIB, Kapolsek Cempaka menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran kecamatan atas partisipasi dan kerja sama yang baik. “Kami harap sinergi ini terus terjaga, karena suksesnya Pilkada bukan hanya tugas kepolisian, tetapi tanggung jawab kita semua sebagai bagian dari masyarakat yang peduli akan masa depan daerah,” tuturnya.

Polsek Cempaka memastikan akan terus hadir dan melakukan pendekatan proaktif demi menjamin suasana kondusif menjelang, selama, dan setelah Pilkada 2024, sehingga proses demokrasi dapat berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
27 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.